Inilah 10 Perusahaan dengan Budaya Tempat Kerja Terbaik di Indonesia

Tim iNews
Ilustrasi di tempat kerja. Foto: Pexels/Tima Miroshnichenko

JAKARTA, iNewsDepok.id - Sepuluh perusahaan di Indonesia dinilai memiliki budaya terbaik dan berkinerja tinggi. Beberapa perusahaan tersebut adalah perusahaan multinasional dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Otoritas Great Place to Work, otoritas global dalam budaya tempat kerja mengumumkan Certified dan 10 Best Workplace pada acara Indonesia Best Workplaces Virtual Reveal, yang disiarkan dalam kanal YouTube, pada Jumat, (29/6/2022).

Inilah 10 perusahaan dengan budaya tempat kerja terbaik di Indonesia:

  1. Cisco Indonesia.
  2. DHL Express Indonesia (PT Birotika Semesta).
  3. Livit International.
  4. PT Medtronic Indonesia.
  5. Capella Ubud.
  6. DHL Global Forwarding Indonesia.
  7. SC Johnson Indonesia.
  8. Diageo Indonesia (PT Langgeng Kreasi Jayaprima).
  9. PT Ericsson Indonesia.
  10. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

Managing Director dari Great Place to Work ASEAN & ANZ Evelyn Kwek menjelaskan, filosofi dan metodologi Great Place to Work berdasarkan pada membangun budaya tempat kerja dengan kepercayaan tinggi yang dapat menjadi tempat kerja yang hebat untuk semua orang.

“Hal ini berarti bahwa perusahaan harus melampaui ekspektasi dan manfaat ketika berpikir untuk membangun brand perusahaan yang kuat. Semua tentang membangun hubungan yang berkualitas dan karyawan memiliki pengalaman kerja yang positif secara konsisten,” ujarnya.

Lebih lanjut menurut Evelyn, dalam memilih Best Workplace di Indonesia, Great Place to Work menggunakan cara yang sama dalam mengkurasi perusahaan yang masuk dalam  Fortune 100 Best Companies to Work For  di US dan Fortune World's 25 Best Workplaces. 

Untuk menentukan 2022 Indonesia's Best Workplaces, Great Place to Work menganalisis umpan balik survei rahasia yang mewakili lebih dari 26.000 karyawan di berbagai industri di Indonesia.

Dalam survey tersebut, karyawan menjawab lebih dari 60 pertanyaan survei yang menjelaskan sejauh mana organisasi mereka menciptakan Great Place to Work For All. Untuk perusahaan yang dipilih menggunakan analitik yang ketat dan respon dari masing-masing karyawannya secara rahasia.

Sementara evaluasi mencakup tiga hubungan utama yang mendorong pengalaman karyawan di tempat kerja mereka, seperti hubungan dengan manajemen, kolega, dan pekerjaan mereka.

Selanjutnya, Trust Index score mewakili persentase karyawan yang menganggap perusahaan mereka sebagai great workplace dan merupakan indikator dari pengalaman kerja mereka yang sebenarnya.

Wawasan dari data Trust Index survey dan pengajuan Culture Audit menunjukkan perusahaan dalam daftar Best Workplaces menonjol karena perusahaan memberi karyawan sumber daya dan dukungan yang dibutuhkan untuk tumbuh secara profesional dan berkembang di tempat kerja.

Perusahaan memungkinkan manajemen untuk terhubung secara teratur dengan karyawan, dan perusahaan membangun kepercayaan antara manajemen dan karyawan melalui kata-kata dan tindakan mereka.

Sebagai contoh, ketika perusahaan-perusahaan ini menunjukkan semangat, antusiasme dan tekad yang kuat untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19.

Hal ini terlihat dari para pemimpin, manajer, dan karyawan yang menunjukkan sikap kolektif dengan tetap terhubung, saling mendukung, dan bekerja sama sebagai sebuah tim, yang memungkinkan mereka untuk muncul lebih kuat bersama di era new normal pasca pandemi.

Dalam kesempatan yang sama, Country Managing Director Cisco Indonesia Marina Kacaribu mengatakan, pihaknya sangat senang bisa masuk dalam daftar Indonesia Best Workplace 2022.

“Ini mencerminkan keyakinan kami bahwa budaya kami telah menjadi fondasi yang kuat dalam segala hal yang kami lakukan. Semangat, profesionalisme, dan bagaimana setiap karyawan kami dapat menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri di tempat kerja adalah kekuatan kami untuk terus memberikan yang terbaik kepada pelanggan, mitra, dan komunitas kami," tuturnya.

Lebih lanjut, Evelyn menambahkan, Great Place To Work Indonesia juga akan mengadakan serangkaian masterclass dengan pembuat daftar di mana perusahaan akan berbagi pengalaman dan wawasan terbaik mereka sebagai peluang pembelajaran bagi perusahaan lain.

Evelyn mengatakan pihaknya berharap perusahaan juga dapat lebih memperhatikan pentingnya lingkungan kerja di perusahaan mereka, karena nilai-nilai dan keyakinan ini akan mengarahkan karyawan dan menentukan pola pikir dan perilaku mereka.

“Kami percaya orang lebih produktif, lebih energik dan memiliki ide yang lebih baik ketika mereka dikelilingi oleh lingkungan kerja yang baik," ungkap Evelyn, seperti dilansir dari Sindonews, Jumat (1/7/2022.

Sebagai informasi, sejak 1992 Great Place to Work telah menyurvei lebih dari 100 juta karyawan di seluruh dunia dan menggunakan wawasan mendalam itu untuk menentukan apa yang membuat great workplace, yaitu kepercayaan.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network