Inilah 3 Konglomerat Terkaya Indonesia yang Miliki Rumah Sakit Mewah

Tim iNews
Orang terkaya Indonesia yang memiliki rumah sakit mewah di Tanah Air. Foto: Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Tiga orang konglomerat, yang merupakan orang terkaya Indonesia memiliki bisnis rumah sakit. Konglomerat dengan harta puluhan triliun rupiah ini mendirikan rumah sakit mewah dengan fasilitas lengkap.

Rumah sakit yang dimiliki para miliader ini merupakan rumah sakit mewah dengan standar internasional. Siapa saja orang terkaya Indonesia yang punya bisnis rumah sakit mewah? Berikut daftar lengkapnya:

  1. Boenjamin Setiawan.


Boenjamin Setiawan, konglomerat Indonesia yang mendirikan RS Mitra Keluarga. Foto: iNews.id

Boenjamin Setiawan merupakan pendiri Rumah Sakit Mitra Keluarga, yang pertama kali berdiri pada tahun 1989. Pria yang akrab disapa dr. Boen ini memiliki jaringan rumah sakit mewah di Tanah Air.

Konglomerat kelahiran Tegal, Jawa Tengah, 23 September 1933 ini mengendalikan RS Mitra Keluarga, yang saat ini sudah go public dan mengoperasikan sebanyak 25 rumah sakit.

Di samping itu, pria yang memiliki gelar doktor di bidang farmologi ini juga pendiri perusahaan farmasi Kalbe Farma pada tahun 1966 bersama lima saudaranya.

Sebagai informasi, dr. Boen merupakan orang terkaya ke-8 di Indonesia dalam daftar Forbes tahun lalu. Total kekayaannya mencapai US$4,2 miliar atau setara Rp61,2 triliun.

  1. Dato Sri Tahir.


Dato Sri Tahir pendiri Mayapada Hospital. Foto: Ist

Dato Sri Tahir merupakan pemilik Grup Mayapada yang bergerak di berbagai bidang, mulai dari perbankan hingga kesehatan. Di antaranya adalah Rumah Sakit Mayapada atau Mayapada Hospital.

Mayapada Hospital merupakan salah satu rumah sakit swasta terbaik yang didirikan oleh Healthcare Group pada 1 Juni 2008, setelah mengakuisisi Honoris Hospital di kawasan hunian ekslusif Modern Land Tangerang.

Sebagai bentuk komitmen untuk menyediakan pelayanan kesehatan berstandar internasional, Mayapada Hospital bekerja sama dengan Nasional Health Care Group Singapore. 

Sebagai informasi, pria kelahiran Surabaya, 26 Maret 1952 merupakan orang terkaya ke-16 dalam daftar Forbes tahun lalu, dengan kekayaan mencapai US$2,4 miliar atau setara Rp35 triliun. 

  1. Mochtar Riady.


Mochtar Riady pendiri RS Siloam. Foto: Okezone

Mochtar Riady merupakan pendiri Grup Lippo yang memiliki sejumlah perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, termasuk kesehatan. Mertua dari Dato Sri Tahir ini memiliki bisnis rumah sakit melalui bendera Siloam Group, yang telah menjadi perusahaan terbuka PT Siloam International Hospitals Tbk.

Saat awal mendirikan RS, Mochtar Riady bekerja sama dengan Gleneagles, yang merupakan perusahaan jaringan rumah sakit di Singapura, dengan membangun RS Gleneagles. 

Namun setelah Gleneagles tak lagi melanjutkan kerja sama, Mochtar Riady tetap melanjutkan bisnis rumah sakit dengan mengubah nama menjadi RS Siloam. Sampai saat ini Rumah Sakit Siloam terus berkembang dan tersebar di wilayah Indonesia. 

Sebagai informasi, dalam daftar orang terkaya Forbes 2021, miliarder berusia 93 tahun ini berada di peringkat 23, dengan kekeyaan sebesar US$1,7 miliar atau setara Rp24,77 triliun.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network